Progres Rumah Baca


RBSP tampak depan

koleksi buku sampai dengan April 2011 sejumlah 600 buah

kegiatan Minggu Ceria – mewarnai bersama

Pertama-tama, saya atas nama pengurus Rumah Baca Sunan Pathi, Dusun Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada kami, baik berupa dana ataupun buku-buku bacaan untuk koleksi Rumah Baca Sunan Pathi.

Tanggal 30 Maret 2011 lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Rumah Baca yang persiapannya sudah hampir selesai. Rencananya RBSP akan mulai mulai beropersional pada tanggal 4 April 2011 , dengan sistem buka setiap hari mulai dari jam 5 sore sampai jam 9 malam. Ini dikarenakan menyesuaikan jadwal dengan pengurus Rumah Baca, yang notabene adalah pemuda remaja Dusun Paten. Beberapa pengurus Rumah Baca masih ada yang sekolah, kuliah dan bertani. Diharapkan nantinya akan bisa dibuka pada pagi hari mengingat lokasi Rumah Baca terletak disebelah Sekolah. (SDN 1 Paten).

Adapun dalam pelaksanaanya (manajemen peminjaman buku, dll) masih dalam proses belajar sambil berjalannya RBSP. Kami dari relawan (saya, Dodo dan Tejo) masih akan terus memantau jalannya manajemen Rumah Baca sampai dirasa benar-benar bisa mandiri.

Koleksi buku-buku yang ada di RBSP sudah ada sekitar 600buah. Terdiri dari buku-buku pelajaran, komik, buku cerita, buku pengetahuan . Saya secara pribadi memiliki kerinduan agar koleksi buku di RBSP bisa lebih bervariatif. Agar RBSP ini juga bisa menjangkau seluruh warga Dusun, baik anak-anak, remaja, pemuda hingga dewasa, maka saya berharap ada penambahan koleksi buku di RBSP berupa buku-buku pertanian dan peternakan, buku-buku ketrampilan untuk ibu-ibu, dan buku-buku kesehatan.

Disamping buku-buku bacaan, kami juga berharap akan adanya Surat Kabar/Koran yang masuk ke Dusun Paten. Saat ini proposal sedang kami bawa ke Kompas dan Suara Merdeka untuk bisa mendapatkan Koran/Surat Kabar harian. Meskipun letaknya jauh dari Muntilan/Magelang, tapi salah satu pengurus RBSP ada yang kuliah di Magelang dan bersedia untuk mengambil Koran/Surat Kabar tesebut di agen/penyalur.

Dan terakhir yang menjadi harapan saya secara pribadi adalah kenyaman di RBSP. Saya berharap bisa merenovasi ruangan baca di RBSP. Dengan dana yang terbatas, kami mencoba untuk membuat ruang baca menjadi nyaman dengan membuat 2 buah meja, 2 buah papan tulis, 1 rak buku, plastik pelapis langit-langit. Namun satu hal yang belum terealisasikan saat ini adalah melakukan pengecatan ruang baca.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai perkembangan Rumah Baca Sunan Pathi. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Rumah Baca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s