liburan lebaran

brownis kukus


bitterballen macaroni keju
cupcakes kukus
pastel rogut opor
risol rogut opor
yeeep, foto alakadarnya diatas adalah hasil kreasi saya selama liburan lebaran lalu. efek kebanyakan nonton masterchef sama hell kitchen kali ya…jd berasa pengen ngotorin dapur.
pertama, saya bikin brownis kukus. cake kukus jadi pilihan saya soalnya saya blom punya otang alias oven tangkring. jadi metode kukus jadi alternatifnya. resepnya simple dan gampang *ternyata*, dan berhasiiiiil….rasanya coklat banget dan brownis banget. maksudnya bantat2 gimana gitu cake nya. berhubung loyang 20x20nya lenyap entah kemana, akhirnya pake loyang puding. hasilnya jadi 2 loyang. yang awalnya mau aku buat 3lapis, cuman jadi 2 lapis ajah. next time bikin lagi ah, pake loyang beneran, *akhirnyabeliloyangjuga*
trus, saya bikin bitterballen macaroni. rasanya kayak macaroni skutel gt lah..tapi ini dibuat bulatan seperti kroket. ditengah2nya dikasih irisan keju. dimakan pake saos sambel nyuuus dah,…plus kalo ada mayones juga enak kayaknya. termasuk berhasil juga, meskipun lengket dan ga seperti yang sya bayangkan. membuat bulatan dari macaroni yang direbus dan dicampur susu+bumbu agak repot. ga bisa bulet2 banget gitu.
next, saya bikin cupcake kukus. lagi2 karena saya cuman punya dandang kukusan, cake kukus jd alternatif saya adalah cupcake kukus. beruntung habis pulang siaran , iseng2 lewatin toko bahan roti kok buka, sekalian beli pappercup, beli loyang, korvet dan gula halus deh. resep awalnya itu adalah cupcake tanpa mixer, maksudnya untuk ibu2 yang ga punya mixer di rumah kali ya..tap diriku ttp pake mixer, jadi gak ngaruh juga kayaknya. nah, maksud hati beli gula halus itu mo dibikin icing, tapi eh tapi, kok malah jadinya krim mentega+gula halus yang ternyata salah…dan begitulah hasilnya. ditambah karena cupcakenya masih panas, jadinya meleleh deh. hehe,..mesti diademin dulu di kulkas. resepnya mini ternyata, cuman jadi 12an cupcakes,….dan hasilnya kubagiin ke temen2 yg lagi siaran sore waktu itu.
terakhir, aku buat pastel dan risol. kalo pastel itu resep awalnya udah lama banget aku dapet. trus pas toko bahan roti buka, aku beli korsvet *mentega buat kulit pastel*, emang penasaran dan pengen nyoba aja bikinnya. adonan kulitnya simpel. aku bikin sebelum aku reuni waktu itu aku simpen di kulkas selama 3-4jaman lah. nah rogutnya itu , aku memanfaatkan ayam sisa opor yang udah hancur karena udah sering diangetin. daripada mubadzir aku bikin campuran rogut ajah. not bad hasilnya…kulitnya juga renyah *kata ibu saya*
nah, bikin kulit pastelnya itu tuh yang rada riweeeh dan ribet. kalo ketipisan ga bagus, kalo ketebelan juga ga asyiiik. udah gitu kan aku gilingnya mannual ciiin, jadi ya begitulah…bikinnya satu satu. even udah ada cetakan pastel, tetep ja ga praktis. tapi lumayan lah, bisa buat bentuk2an gt.
nah kalo risol itu karena pas reuni sama temen kuliah dl disuguhi risol, jadi penasaran gimana bikinnya. kulit risolnya juga ga susah, cuman ya itu,..ribet. mesti bikin satu2. harus sabar. rogutnya sama dengan isi pastel yang udah aku bikin. tinggal bikin kulit risolnya ajah.
dilapisi bread crumb trus goreng deh.
so far, puaas bisa belajar bikin kue liburan ini. kalo ga libur kayaknya ga sempet deh masak2an gitu.
ini buku resep sayah… 🙂
kalo ini, asisten sayah… :0
Leave a comment

Filed under Masak & Makan

Leave a Reply

