Rok Mini



Korban perkosaan tidak BUTUH komentar yang bernada menyalahkan korban!!!

catet ya….

Tulisan ini berawal dari keprihatinan saya terhadap pernyataan yang disampaikan oleh Pak Gubernur DKI . Kasus perkosaan yang meningkat membuat pak Gubernur ini menghimbau bahwa kaum hawa tidak mengenakan rok mini pada saat naik angkot. Karena itu bisa memicu perkosaaan. Kurang lebih begitulah inti dari pernyataan pak Gubernur.
Trus, jadinya kan saya berpikir…owwwh, karena pake rok mini makanya diperkosa?
Ini seperti sudah jatuh tertimpa tangga kejatuhan meja dan lemari.
Bagaimana dengan perempuan jilbab yang menutup auratnya? apakah kemudian akan jadi terbebas dari perkosaan? dan bisa juga nantinya akan banyak perempuan berjilbab yang hanya menggunakan jilbab demi “tidak diperkosa orang”.

Ya, saya setuju..perempuan sebaiknya bisa menjaga diri. Dari situasi apapun. Bukan cuman perkosaan, tapi kejahatan lainnya. (maksud saya bukan cuman kejahatan seksual), tapi untuk kasus perkosaan, tidakah banyak dari kasus yang terjadi itu karena pelaku tidak mampu mengendalikan nafsunya?? menjadi “pemaksa”?
Masalahnya ini bukan gara-gara rok mini atau harus menutup aurat supaya aman dari pemerkosaan. Tapi bagaimana pemahaman seksualitas dan pendidikan gender untuk semuanya.
Kalau memang manusia, bersikaplah seperti manusia yang diberi akal dan pikiran untuk mengendalikan dirinya, termasuk nafsunya.. Nggak trus liat trus nafsu dan pengen nyosoooor.
Apa bedanya manusia dan binatang ???

Bahkan nih, berita-berita yang di tulis di media itu juga bias gender. Bisa dibaca dari tulisan-tulisannya. Dari judulnya juga. Setidaknya itu yang saya pelajari waktu itu waktu ngambil makul Komunikasi Gender.



Advertisements

Leave a comment

Filed under Tak Berkategori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s