#KelasPencerita



Kemaren di Semarang, ada #KelasPencerita. Yang ngadain @IDCerita dan @IDCeritaSMG. Seru dan rame acaranya. Peserta diluar dugaan. Ada lebih dari 30orang dateng. Padahal targetnya 20 orang. Jadi…alhamdulilah yaaah *syahrini style*
IDCerita, ini satu komunitas yang baru buat saya. Baru pertama kali saya kopdar dengan beberapa punggawa IDCerita. Misalnya sama Kak Bukik, Kak Maya, Kak Maureen. Sering sih, say hi di tweet, tapi kopdar baru sekali. Itupun buat ngebahas acara #KelasPencerita ini.
Jadi bagaimana saya bisa bertemu dengan mereka???
Waktu itu saya sedang iseng belajar tentang dongeng dan bercerita . Saya browsing-browsing untuk keperluan materi bercerita manakala saya ada di Rumah Baca. Jadilah saya ketemu sama website Indonesia Bercerita. Dari sana saya nemu akun Twitternya @IDCerita. Ternyata gayung bersambut, soalnnya IDCerita ada “cabang”nya di Semarang. Dan ketika itu secara aktif saya tanya siapakah yang jadi punggawanya IDCeritaSMG, eh ternyata Kak Fitri. Ya sud, langsunglah berhaha-hihi di twitter, kopdar dan berlanjut sampai sekarang. Waktu itu juga sempet mo ngajakin Kak Fitri siaran, tapi karena kendala waktu jadi berhalangan.
Serunya lagi, dari kumpul-kumpul kopdar pertama waktu itu bareng kak Bukik, saya kenalan sama kak Erje, trus sama kak Didut, lanjut ke kak NovPras. Dari kopdar, lanjut folbek sampe sekarang. Eh ternyata ketemu teman baru dan komunitas baru itu seru yah 🙂 *iih..kemana aja sih liph*. Baru nyadar juga kalo event di Semarang ini banyak. Anak-anak Semarang-pun sudah mulai banyak bergiat untuk ini dan itu. Saya jadi mulai semakin PD untuk bergabung di komunitas ini 🙂
Dan kalau bicara soal bercerita, saya termasuk anak yang tidak dibesarkan dengan cerita/dongeng sebelum tidur. Tapi budaya bercerita sebenernya ada pada diri ibu dan bapak saya yang suka sekali bercerita kisah perwayangan. Hanya saja karena saya yang “ngga ngeh” *dulu* menganggap cerita itu tidak menarik. Sekarang?? bukan dari bapak saya mendengar cerita sejarah perwayangan, tapi dari….yaak betul mas patjar. Hehehe, mas Patjar ini hobi bercerita. Soal sejarah, wayang, dan lain-lain.
Pada dasarnya semua dari kita itu suka bercerita kok, cuman apa dulu nih yang diceritain. Nah kalo di Indonesia Bercerita ini , kami punya visi bagaimana kita bisa mendidik anak bangsa melalui cerita.
Mendidik tapi tidak menggurui, begitulah.
Apakah nantinya akan jadi pencerita kak Oliph? heheh, sedang belajar niih. Minimal baca-baca buku cerita anak lagi, belajar teknik bercerita dan mesti sering kumpul dengan teman2 pencerita tentunya. Prakteknya?? Ya sama keponakan dulu, atau sama anak-anak di Rumah Baca. heheh
Rencananya Kelas Pencerita bakal ada setiap bulannya. Jadi, yuuk yang blom ikutan bisa gabung di kelas pencerita. Sama-sama belajar bagaimana bercerita yang baik untuk mendidik anak bangsa menjadi generasi yang lebih baik lagi. *asiiiik*
#pic
ada kak Nuno dan Bunda Alif
Leave a comment

Filed under Tak Berkategori

Leave a Reply

