#Tulkiyem Ganja

Biar dibilang GAUL dan ANAK JAMAN SEKARANG, gak afdol kalo gak punya TWITTER (katanya), maka biar mungkin dikata terlambat, maka Tulkiyem-pun ikut-ikutan punya akun TWITTER.  Ceritanya baru asyik-asyiknya nge-twit eh kok di linimas sudah heboh soal GANJA, apa pula ini? Tulkiyempun bertanya-tanya.

Oh, ternyata ini akibat pernyataan mas Pandji ini sewaktu jadi moderator untuk launching buku Hikayat Pohon  Ganja dari Legalisasi Ganja Nusantara ini sempet bercanda yang *dinilai* sebagian orang merupakan becandaan yang kelewatan.  Apalagi sampai pernyataannya di kutip media online terbesar di Indonesia , jadilah boomerang.  Dan, dengan berbesar hati-pun, mas Pandji mengklarifikasi sekaligus meminta maaf atas pernyataannya tersebut.

Tulkiyem yang ngga tau apa-apa akhirnya jadi tau, apa sih sebenarnya yang sedang diperjuangkan oleh teman-teman dari LGN ini. Yang dimaksud adalah Ganja bukan hanya sebagai komoditas untuk “rekreasi” tapi bisa lebih dimanfaatkan untuk kepentingan industri.

“Nah kalo masalah nyimeng yang dilegalkan itu emang ndak bener, tapi kalo ternyata pohon ganja menyimpan banyak manfaat dan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kebaikan Indonesia , kenapa engga” kata Tulkiyem pada Asep, teman diskusinya siang ini.

Asep ini salah satu teman Tulkiyem yang profesinya jadi petani. Ia tinggal di lereng Merapi. Selain jadi petani, ia juga nyambi jadi tukang cat. Dia lulusan STM jurusan Teknik Mesin di salah satu SMK di Muntilan.

Sewaktu diskusi dengan Asep, tiba-tiba Dodo datang dan menanyakan perihal “jamur tlethong” .

“Sep, minta tulung..aku dicariin jamur tlethong. Ada temen yang butuh” kata Dodo ke Asep

“lah, buat apa tho Do?” tanya Tulkiyem

“itu loh yen, si Zain , temenku yang pelukis itu butuh jamur buat nyelesein lukisannya. dia lagi bereksperimen. tema lukisannya destruktif gitu lah. Aku ndak mudeng, pokoknya aku ini di titipin ajah” jawab Dodo

“Lah kan, namanya berhalusinasi itu ndak cuman ganja, tapi jamur tlethong aja bisa kok buat yang mau ketawa ketiwi sendiri, yang mau berhalusinasi…” kata Asep

“ho oh, kalo pake ganja kan namanya nyimeng ato gitting, lah kalo pake jamur tlethong namanya njamur po?” tanya Tulkiyem.

Asep dan Dodo tertawa

 

Advertisements

Leave a comment

Filed under #tulkiyem, Tak Berkategori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s