Masak – Dorayaki


Jadi ceritanya, Sabtu kemaren (10/12) saya diajak Thia buat ikutan KopdarMasak. Karena kebetulan lagi gak ada acara pacaran, makanya saya ikutan. Jadi, habis jadi Reporter Dadakan langsung meluncur ke rumahnya Rista buat KopdarMasak.

Menunya siang itu adalah DORAYAKI. Yeeep, ini kue macam pancake gitulah. Tersohor akibat DORAEMON 🙂 *hehehe*. Dorayaki ini merupakan salah satu kue tradisional dari Jepang yang bentuknya bundar agak tembem dan isinya adalah pasta/selai kacang merah. Bahan-bahannya mirip seperti pancake, hanya saja ada madu didalam adonan pembuat Dorayaki.
Di Indonesia sendiri, Dorayaki juga dikenal dengan namanya Obanyaki.
Rista yang jadi tuan rumah juga awalnya sih iseng, nyari-nyari resep kue Dorayaki. Eh, nemu link di Youtube gimana sih bikin kue dorayaki itu. Nah akhirnya, #KopdarMasak kemaren kita bikin kue dorayaki. *Begitu ceritanya*
Secara saya datengnya telat, jadi pas dateng itu mereka (Thia, Dwi, Rista ma Wikta) lagi pada masak di dapur bikin dorayaki. Saya? oho…tinggal makan doong ah. Eh tapinya, tenang…saya dapet bocoran resepnya dari mba Rista 🙂 dan sebagai kompensasi keterlambatan saya, saya bawain es krim Walls Dung Dung rasa Nangka buat topping Dorayaki.
Aniwei, dorayakinya itu udah manis banget ditambah pasta/selai kacang merah yang juga manis, makanya makan sedikit aja udah “kenyang” dan cenderung “eneg”. Nah khusus buat yang lagi mengurangi gula, sepertinya mesti dikurangin porsi gulanya.
Oke, ini dia… RESEP DORAYAKI
1 cup All Purpose Flour – 500gr Tepung
1/2 cup Granulated Sugar – 1/2 gelas Gula Pasir
2 large Eggs – 2 Telur kocok
3-4 tbsp Water – 3-4 sdm Air Putih
1/2 tsp Baking Soda – 1 sdt Baking Soda
1 tbsp Honey – 1 sdm Madu
Cooking Oil – Minyak Goreng
Sweetened Red Beans – Pasta Kacang Merah

Cara Membuat :

– Siapkan telur yang sudah dikocok
– Masukan madu kedalam adonan telur
– Siapkan juga 1 sdt Baking Soda yang dilarutkan dalam air, kemudian masukan
– Masukan tepung yang sudah diayak kedalam adonan.
– Simpan adonan selama 5 menit
– Masak dalam wajan anti lengket yang sudah diolesi minyak

Untuk pasta kacang merah
– Rebus kacang merah hingga empuk, kemudian tumbuk
– Masak dengan sedikit air dan gula secukupnya
– Tiriskan

Cara menyajikan, tangkupkan dorayaki yang sudah dilapisi dengan pasta/selai kacang merah


selamat mencoba

Advertisements

1 Comment

Filed under Masak & Makan

One response to “Masak – Dorayaki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s