Mengatasi Rasa Takut

*ini adalah serangkaian tulisan saya tentang Public Speaking*

Selalu ada yang namanya pengalaman pertama. Betul? Pengalaman pertama sekolah, pengalaman pertama kerja di luar kota, pengalaman pertama ngekost, pengalaman pertama punya anak, pengalaman pertama jalan-jalan ke Paris, dll. Betul? Rasanya gimana? Ada gugupnya, ada takutnya. Iya kan??

Rasa gugup atau takut itu sebetulnya adalah “naturals calls”. Sama dengan rasa lapar, rasa haus ataupun rasa mengantuk. Sesungguhnya tidak ada obat khusus untuk mengatasi “naturals calls” itu  Hanya saja, seperti rasa lapar, haus dan ngantuk itu akan menjadi sesuatu yang normal kalau kita bisa me-manage-nya dengan baik. Kan ngga mungkin gitu, kita asal makan kalo toh nyatanya kita lagi puasa. Kita bisa tahan kan sampai Maghrib nanti? Atau pada saat ada kuliah, di depan dosen killer, meskipun ngantuk berat, tapi kita bisa kan mengendalikan diri kita supaya ngga tertidur di kelasnya?

Rasa gugup dan takut itu sebenernya penting untuk modal mawas diri kita. Jadi tenang saja, gugup dan takut itu, manusiawi kok.

Keberanian muncul sebenernya bukan karena tidak adanya rasa takut. Tapi keberanian itu muncul karena adanya kemampuan kita mengelola rasa takut. Terlebih dalam public speaking/MC. Ada atribut yang menempel pada diri mereka sehingga kita menjadi takut.

Ohh..yang namanya MC itu harus cantik, ganteng, pinter, wawasannya luas, suaranya bagus, dll. Nah atribut inilah yang seringkali menjadi “momok” untuk mereka yang ingin belajar menjadi MC. Sepandai dan setenar apapun para MC atau pembicara , mereka tidak bisa tampil secara optimal kalo tidak ada persiapan. Saya sering membaca juga, bahwa mereka yang sudah sering tampil di TV pun juga masih sering nervous kok. Jadi tenang saja. Saya-pun demikian. Masih suka gugup dan takut. J *pengakuan*

Lalu bagaimana caranya menghilangkan rasa takut itu?? Cobalah jujur dengan diri sendiri. Mengakui bahwa sejatinya kita “takut” atau “gugup”. Bilang saja ke diri kita sendiri “ ih…aku deg-degan deh’ , sedikit banyak membantu kok.

Kemudian, cara selanjutnya adalah belajar teknik relaksasi. Misalnya tarik nafas panjang, latihan vokal “a..i..u..e..o”, senam muka, minum air putih. Ehiya, berbagi dengan teman juga bisa loh menghilangkan rasa takut. Curcol sebentar ke mereka , setidaknya bisa meringkankan bebanmu.

Berdoa juga cara ampuh untuk menghilangkan rasa takut kita, pleeeeesss, hehehe…mau gak mau, rela gak rela, sanggup gak sanggup kita harus HADAPI rasa takut itu.

Jangan pernah terbelenggu dengan rasa takut kita, sebab rasa takut itu membelenggu kita. Membuat kita jauh dari mimpi-mimpi kita. Bahkan rasa takut itu menekan kemampuan diri kita, yang akhirnya justru membuat kita gak bergerak maju lagi.

 

Advertisements

3 Comments

Filed under Public Speaking

3 responses to “Mengatasi Rasa Takut

  1. setuju mbak..
    kita hrus bisa mngendalikan rasa takut.
    itu pula yg saya rasakan ketika mau prakter ngajar..

  2. setuju!!
    tapi, aku milih nyerah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s