#JalanJalan ke Pantai Glagah

the journey

Masih dalam rangka libur panjang Natal dan Tahun Baru,kali ini , saya mau cerita soal jalan-jalan saya ke Pantai Glagah yang letaknya ada di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Barangkali ini bisa jadi tujuan wisata temen-temen semua yang akan berlibur di Jogja. Setidaknya bisa sedikit mengurangi macetnya jalanan kota Jogja dan padatnya pengunjung Mall kalo musim liburan *hehehe*

Seminggu yang lalu saya ke Pantai Glagah lagi, setelah tahun 2009 yang lalu sewaktu saya pulang perjalanan dari Gombong saya juga pernah mampir ke tempat ini. Kondisinya sekarang jadi lebih ramai dan lebih “kumuh” dibanding beberapa tahun yang lalu. Selalu jadi pertanyaan saya, kapan ya saya bisa menemukan wisata pantai yang tidak kumuh dan kotor? Atau setidaknya “cantik” dari segi tatananny sehingga lebih indah dipandang mata? *haiyaaaa tapi tetep, Pantai Glagah ini layak dikunjungi kok. Beneran. Pantainya gak terlalu rampe seperti Parangtritis, Depok, Baron dll. Tergolong masih sepi dibanding lainnya. Tapi ya gak sepi-sepi amat kalo pas musim liburan gini.

Pantai Glagah ini ada di kabupaten Kulonprogo kurang lebih 40 kilometer sebelah barat kota Jogja. Perjalanan yang kami tempuh saat itu sekitar 2 jam. Itupun masih ditambah sedikit macet di Jogja dan mampir makan siang.Sepanjang jalan menuju Purworejo kalo lewat Kulon Progo ini memang melewati beberapa pantai, dan semuanya bisa dikunjungi.

Untuk masuk ke pantai ini kita harus membayar retribusi 3000 rupiah untuk mobil dan 3000 rupiah untuk masing-masing orang yang ada dimobil. Mahal? Iya…mahal, karena itu belum termasuk biaya parkir yang tarifnya juga 3000 rupiah. Di dekat loket retribusi ada dermaga wisata yang sepertinya sudah tidak berfungsi lagi. Entahlah, mungkin sedang dalam perbaikan karena rencananya kedepan di pantai Glagah itu akan dibangun menjadi pelabuhan. Oya, disana juga ada pangkalan TNI AL *kalo ngga salah info* hehehe. Jadi Dermaga ini bisa jadi tempat kunjungan pertama yang bisa dinikmati, khusus untuk jamaah narsisiyah mungkin juga bisa menyempatkan diri berfoto disana. Selanjutnya adalah laguna yang letaknya sekitar 300 meter dari dermaga wisata. Di laguna ini, saya menjumpai banyak orang entah mandi,naik perahu, pacaran sampai ada yang mancing juga disana. Jadi laguna ini membagi kawasan pantai menjadi dua lokasi yang masih ditumbuhi rumput dan tanaman pantai dengan area yang masih penuh dengan gundukan pantai yang berbatasan langsung dengan lautan.. Saya termasuk yang menikmati laguna ini dengan menaiki kano dengan biaya 4000rupiah per orangnya. Sistemnya seperti angkot, nunggu penuh dulu baru jalan. Tapi kalo mau cepet, bisa kok di booking. Siapa tau cuman pengen naik perahu berdua aja sama pasangan,*hehehe* tapi ya itu, ongkosnya beda tentunya

bebatuan pantai

pantai

naik perahu

kolam renang

saya di glagah

Selanjutnya untuk yang suka tantangan juga bisa naik motocross *kalo lagi iseng*. Karena disekitar pantai Glagah ini juga ada lahan yang sering digunakan untuk latihan dan kejuaraan motocross. Disebelahnya lagi akan dijumpai banyak warung murah meriah yang menyediakan jajanan, kelapa muda dan menu seafood sebagai andalannya. Disepanjang jalan di pantai Glagah ini juga banyak ditemui bermacam-macam souvenir dan arena permainan serta kamar mandi dan kolam renang yang bisa dimanfaatkan dengan harga terjangkau.

Menikmati perjalanan dengan pemandangan yang indah, menikmati pantai, bermain pasir, basah karena air laut, mendengarkan suara ombak, melihat cakrawala – langit dan bumi seolah tak berjarak-  dan bersama, sungguh #bahagiaitusederhana bukan??

Ini cerita salah satu liburanku,apa cerita liburanmu? 

Advertisements

1 Comment

Filed under JalanJalan, Jogja

One response to “#JalanJalan ke Pantai Glagah

  1. itu gambar batunya baguuuus!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s