Category Archives: JalanJalan

#Kuliner : Rumah Makan Mangut Lele Bu Is

Jalan-jalan ke Jogja emang (katanya) belum lengkap kalo gak mampir ke Malioboro. Trus juga (katanya) belum lengkap kalo blom menikmati Gudeg. Namanya juga kota Gudeg. Ya gak siiiih?? Selain wisata belanja, wisata kuliner adalah wajib hukumnya kalo kita jalan-jalan dimanapun. Termasuk kalo sedang mampir ke Jogja.

Mangut Lele adalah salah satu kuliner yang khas di dunia perkulineran di Jogja. Salah satunya adalah Mangut Lele Bu Is di Jalan Imogiri Barat. Rumah Makan Mangut Lele Bu Is ini lokasinya gak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Sekitar 20  menit perjalanan dari Jogja.

Saya sendiri baru pertama kalinya mencoba menu mangut lele ini. Ternyata penyajian mangut lele di rumah makan ini agak berbeda dengan lainnya. Ngga hanya sekedar nasi dan mangut lele saja, tapi ada juga lalapan yang seabrek jumlahnya.  Pada saat saya datang menunggu si mangut lele datang, beberapa piring sudah tersaji di meja, isinya apa saja? Ada timun, ada taoge rebus, ada kenikir rebus, ada daun pepaya rebus, ada daun luntas dan tangkai daun kemangi. Trus ada juga oseng lombok ijo, ada bumbu urap, ada sambel terasi yang warna hitam mencekam. Lebih mirip sambel petis rasanya.

Menu tambahan untuk disantap bersama Mangut Lele

Menu tambahan untuk disantap bersama Mangut Lele

ini dia si Lele berkumis tipis yang siap disantap

ini dia si Lele berkumis tipis yang siap disantap

Ketika sang lalapan yang seabrek itu datang, kemudian mangut lele-nya pun datang juga. Kuah santannya tidak terlalu kental , rasanya agak sedikit pedas. Kalo menurut saya, emang paling cocok dicocol sambel terasi. Menurut saya (lagi), rasanya lebih manis dari mangut lele yang biasa ibu saya buat. Mungkin karena ini Jogja ya. Jadi serba (lebih) manis. Sambel terasi yang hitam pekat tadi-pun rasanya agak manis. Sama sekali gak ada rasa pedasnya. (Ya maklum, yang nulis doyan pedes sih ya….). Tapi, cukup bisa menetralisir rasa manisnya mangut karena juga ada rasa asin gurih-nya. Jadi “beda’ rasanya. Terus, sambel urap kelapa yang disajikan untuk topping sayuran (lalapan)-nya juga manis. Untuk anda penggemar masakan manis, sepertinya kuliner ini cocok sekali. Anda mau tambah sebanyak-banyaknya juga monggo. Karena sebakul nasi yang notabene kami pesan untuk 2 orang itu jumlahnya bisa untuk 4 orang boo….banyak bener.

Dan dengan seabrek menu yang ada tadi, ditambah 2 es teh dan krupuk, saya harus membayar 25ribu rupiah saja. Murah kan?? Jadi silahkan kalo ingin mampir menikmati Mangut Lele khas Jogja bisa mampir ke Rumah Makan Mangut Lele Bu Is ini.

 

Rumah Makan Mangut Lele Bu Is 

Jalan Imogiri Barat KM 12 Sumber Agung, Jetis Bantul (Utara Perempatan Jetis)

No Telpon: 087839175888 atau 087839246490

 

14 Comments

Filed under JalanJalan, Jogja, Masak & Makan

#JelajahPantai Gunungkidul jilid 3

Horeeey, sampe berjilid-jilid ya? hehehe..sebenernya biar gak kepanjangan aja sih. Habis ada 7 pantai yang saya kunjungi di  #JalajahPantai Gunungkidul ini. Nah kita lanjut ya??

Habis dari Pantai Pok Tunggal, pantai selanjutnya yang saya kunjungi adalah pantai Siung

5. Pantai Siung

tepi pantai Siung

tepi pantai Siung

Continue reading

Leave a comment

Filed under JalanJalan

#JelajahPantai Gunungkidul jilid 2

Cafe Indrayanti

Bukan nama pantai, tapi nama restoran&cafe-nya

3. Pantai Indrayanti

Kunjungan ketiga kami saat #JelajahPantai Gunungkidul adalah Pantai Indrayanti. Sebenernya, nama pantai ini bukan Indrayanti. Nama asli pantai ini adalah Pulang Syawal. Hanya saja disana ada restoran & cafe yang didirikan kolaborasi antara mas Indra dan mbak Yanti. Dan menjadi “terkenal” disana, jadilah nama pantainya, pantai Indrayanti.  Untung bukan kolaborasi antara mas Krisda dan mbak Yanti ya? *halah*

Continue reading

3 Comments

Filed under JalanJalan

#JelajahPantai Gunungkidul jilid 1

Pantai Sepanjang #1

jejak kaki di pantai sepanjang

Weekend kemaren saya dan mba Ita  berkesempatan jalan-jalan ke Wonosari , Gunungkidul. Niatnya emang pengen menjelajahi pantai disana. Ada banyak sekali pantai di sepanjang Gunungkidul. Tapi kemaren, kita hanya sempat mengunjungi 7 pantai saja. Itupun kita bener-bener hanya “kunjungan singkat” di setiap pantainya. Hanya di P. Indrayanti saja kami agak sedikit lama karena sekalian makan siang disana.

Cuaca pada saat kami berangkat (kira-kira jam 10 pagi )dari Jogja cukup cerah, hanya ketika sudah memasuki Wonosari, barulah cuaca mendung. Kami menikmati suasana siang hari yang mendung di pantai. Untungnya banget lah ya. Sebab kalo cerah benderang, bisa dibayangkan panasnya matahari seperti apa. Kami tiba sekitar jam 12 siang di pantai pertama yang kita kunjungi, yaitu Pantai Sepanjang. Continue reading

16 Comments

Filed under JalanJalan

Awul- Awul

hasil berburu di awul-awul

hasil berburu di awul-awul

Bahasa kerennya flea market, atau sederhananya pasar pakaian bekas. Apaaah, jijik?? Iya siiiih, tapi rasa jijik itu akan terabaikan APABILA kita bisa nemuin pakaian yang ngga di pasaran dengan harga yang murah pula. Kalo beruntung dan kejam, harga pakaian yang dibuka dengan harga 35rb-60rb bisa jadi 15rb-8rb ajah. Seriuuuss!! Ya tapi itu, kudu jauh-jauh dari pikiran jijik dan sebagainya.

Flea market yang sedang happening saat ini di Jogja adalah di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS). Meski Sekaten-nya sendiri baru dibuka 21 Desember yang lalu, Pasar Malem-nya udah ada sejak awal Desember. Selain flea market aka awul-awul, selayaknya pasar malem di beberapa daerah selalu ada arena permainan dan kuliner khas Jogja.

Saya sendiri untuk pertama kalinya ke Pasar Malem Perayaan Sekaten. Kalo dulu sih pernah nonton Sekaten-nya, tapi gak sempet jalan-jalan ke pasar malem-nya.  Continue reading

16 Comments

Filed under JalanJalan, Jogja

#JalanJalan ke Pantai Glagah

the journey

Masih dalam rangka libur panjang Natal dan Tahun Baru,kali ini , saya mau cerita soal jalan-jalan saya ke Pantai Glagah yang letaknya ada di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Barangkali ini bisa jadi tujuan wisata temen-temen semua yang akan berlibur di Jogja. Setidaknya bisa sedikit mengurangi macetnya jalanan kota Jogja dan padatnya pengunjung Mall kalo musim liburan *hehehe*

Seminggu yang lalu saya ke Pantai Glagah lagi, setelah tahun 2009 yang lalu sewaktu saya pulang perjalanan dari Gombong saya juga pernah mampir ke tempat ini. Kondisinya sekarang jadi lebih ramai dan lebih “kumuh” dibanding beberapa tahun yang lalu. Selalu jadi pertanyaan saya, kapan ya saya bisa menemukan wisata pantai yang tidak kumuh dan kotor? Atau setidaknya “cantik” dari segi tatananny sehingga lebih indah dipandang mata? *haiyaaaa tapi tetep, Pantai Glagah ini layak dikunjungi kok. Beneran. Pantainya gak terlalu rampe seperti Parangtritis, Depok, Baron dll. Tergolong masih sepi dibanding lainnya. Tapi ya gak sepi-sepi amat kalo pas musim liburan gini.

Continue reading

1 Comment

Filed under JalanJalan, Jogja