Side Job

 

Curhatan siang bolong

Jadi karyawan dengan penghasilan yang cukup untuk sebulan, dan kadang penghasilan habis tengah bulan itu kayaknya bukan cuman saya aja yang ngalamin. Dulu waktu saya gak ngekos sih mending bisa irit makan ikut ortu. Lah sekarang??

Terus terang kalo disuruh irit , saya tuh gak bisa ….gak bisa konsisten. Hahahah

Kalo gak kreatif nyari penghasilan tambahan repot juga ya?

Pernahkah terpikir untuk memiliki “pekerjaan sambilan” atau “side job”

Saya pernah!! Dan sekarang juga sedang menjadi pelaku karyawan-yang-memiliki-pekerjaan-sambilan *lirik manager* 

Kalau dulu sewaktu jadi penyiar, kerjaan sambilannya ngajar Public Speaking dan jadi  MC panggilan untuk acara ini dan itu. Kebetulan akses networknya ada dan seputar radio, mc, public speaking.

Sekarang, setelah hijrah ke Jogja otomatis akses networknya beda lagi. Masih adalah yang nyawer saya jadi MC, ada juga undangan untuk sharing soal Public Speaking. *alhamdulilah* *sujudsyukur* hehehe

Awalnya masih blom kepikiran untuk pekerjaan sambilan apa yang bisa saya kerjakan di sini. Dulu sekali pernah tertarik untuk bisnis online. Sempet pula bikin blog khusus dagangan. Tapi gak berjalan lama. Dan sekarang, akhirnya kembali lagi menggeluti bisnis online BATIK. *horeeeey* . Bermula dari belanja batik untuk titipan kakak-kakak saya di Semarang, dan akhirnya kepikiran kenapa gak di”bisnis”in ya.

Didukung mas patjar akhirnya saya beranikan diri untuk ambil beberapa barang dan dijual ke beberapa temen di Semarang dan sekitarnya. Dan akhirnya pula “bisnis batik” saya ini aktif di Blackberry. Mulai deh pajang propic barang dagangan. Seolah-oleh punya toko beneran. *amiiin, semoga punya toko beneran*

Untuk awal bisnis, perputarannya cukup lumayan. Lumayan menarik maksudnya. Adalah pasarnya, untuk keuntungan emang gak instant. Asal tekun dan telaten. Kalo niatnya baik, mudah-mudahan jalannya juga lancar dan dimudahkan. Amiiien

Gak kepikiran juga untuk punya pekerjaan sambilan lain selain bisnis online. Tapi akhirnya jalan itu dibukakan. Kemaren siang, kesempatanpun datang untuk saya punya akses untk belajar tentang pemasaran media sosial.

Gak jauh-jauh dari pekerjaan saya sebagai marketing sih, gak jauh-jauh juga dengan minat saya soal komunikasi pemasaran.

Sekali lagi, niatnya gak cuman sekedar mencari pekerjaan sambilan atau tambahan pendapatan, tapi saya juga nyari ilmu disini.

Mudah-mudahan saya diberi kemampuan untuk menjalankan dengan sebaik-baiknya

Untuk yang sedang memikirkan pekerjaan sambilan, kenapa gak mulai dengan dagang kecil-kecilan. Kayak saya gitu. Hehehe

Aniwei, lebih aman memiliki bisnis “sampingan” ketika kita memiliki pekerjaan loh. Jadi resikonya gak terlalu besar. Kalo bisa jalan dua-duanya, karir dan bisnis kenapa enggak. Apalagi kalo bisnis kita gak jauh-jauh dari pekerjaan kita. Pekerjaan saya membawa saya harus bertemu dengan orang-orang yang baru, menjalin hubungan dengan mereka dan itu adalah peluang untuk bisnis saya *serius banget ya ngomongin bisnis,..hehehe*

Sederhana aja sih, temen-temen disini suka tuh bawa dagangan ke kantor. Ya karena lingkungan kerja juga merupakan salah satu pasar yang prospek juga.

Ya kan??

Nah kalo pengen memiliki usaha sampingan, kayaknya harus dimulai dari apa yang kita minati. Kenapa?? Supaya konsisten. Saya rasa kita gak akan mau mati-matian berusaha untuk sesuatu yang tidak kita sukai kan??

Trus, mulai dari modal kecil dulu juga gak papa, yang penting modalnya bisa “muter” dan gak stuck di satu tempat. Untung kecil dulu gak papa, yang penting service yang kita berikan maksimal. Keuntungan besar akan mengikuti.

Usahakan juga waktunya tidak mengikat jam kerja. Bisa kena SP kita nanti. Untungnya pula, pekerjaan saya itu mobile jadi saya bisa “nyambi” kesana kemari.

Dan yang penting juga, bisnisnya yang gampang dijalankan. Jangan malah bisnis sampingan bikin kita kerepotan.

Tertarik untuk punya penghasilan tambahan??

#bukanMLM

hahahah

 

 

 

 

Advertisements

Leave a comment

Filed under Kerjaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s