#Kuliner : Rumah Makan Mangut Lele Bu Is

Jalan-jalan ke Jogja emang (katanya) belum lengkap kalo gak mampir ke Malioboro. Trus juga (katanya) belum lengkap kalo blom menikmati Gudeg. Namanya juga kota Gudeg. Ya gak siiiih?? Selain wisata belanja, wisata kuliner adalah wajib hukumnya kalo kita jalan-jalan dimanapun. Termasuk kalo sedang mampir ke Jogja.

Mangut Lele adalah salah satu kuliner yang khas di dunia perkulineran di Jogja. Salah satunya adalah Mangut Lele Bu Is di Jalan Imogiri Barat. Rumah Makan Mangut Lele Bu Is ini lokasinya gak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Sekitar 20  menit perjalanan dari Jogja.

Saya sendiri baru pertama kalinya mencoba menu mangut lele ini. Ternyata penyajian mangut lele di rumah makan ini agak berbeda dengan lainnya. Ngga hanya sekedar nasi dan mangut lele saja, tapi ada juga lalapan yang seabrek jumlahnya.  Pada saat saya datang menunggu si mangut lele datang, beberapa piring sudah tersaji di meja, isinya apa saja? Ada timun, ada taoge rebus, ada kenikir rebus, ada daun pepaya rebus, ada daun luntas dan tangkai daun kemangi. Trus ada juga oseng lombok ijo, ada bumbu urap, ada sambel terasi yang warna hitam mencekam. Lebih mirip sambel petis rasanya.

Menu tambahan untuk disantap bersama Mangut Lele

Menu tambahan untuk disantap bersama Mangut Lele

ini dia si Lele berkumis tipis yang siap disantap

ini dia si Lele berkumis tipis yang siap disantap

Ketika sang lalapan yang seabrek itu datang, kemudian mangut lele-nya pun datang juga. Kuah santannya tidak terlalu kental , rasanya agak sedikit pedas. Kalo menurut saya, emang paling cocok dicocol sambel terasi. Menurut saya (lagi), rasanya lebih manis dari mangut lele yang biasa ibu saya buat. Mungkin karena ini Jogja ya. Jadi serba (lebih) manis. Sambel terasi yang hitam pekat tadi-pun rasanya agak manis. Sama sekali gak ada rasa pedasnya. (Ya maklum, yang nulis doyan pedes sih ya….). Tapi, cukup bisa menetralisir rasa manisnya mangut karena juga ada rasa asin gurih-nya. Jadi “beda’ rasanya. Terus, sambel urap kelapa yang disajikan untuk topping sayuran (lalapan)-nya juga manis. Untuk anda penggemar masakan manis, sepertinya kuliner ini cocok sekali. Anda mau tambah sebanyak-banyaknya juga monggo. Karena sebakul nasi yang notabene kami pesan untuk 2 orang itu jumlahnya bisa untuk 4 orang boo….banyak bener.

Dan dengan seabrek menu yang ada tadi, ditambah 2 es teh dan krupuk, saya harus membayar 25ribu rupiah saja. Murah kan?? Jadi silahkan kalo ingin mampir menikmati Mangut Lele khas Jogja bisa mampir ke Rumah Makan Mangut Lele Bu Is ini.

 

Rumah Makan Mangut Lele Bu Is 

Jalan Imogiri Barat KM 12 Sumber Agung, Jetis Bantul (Utara Perempatan Jetis)

No Telpon: 087839175888 atau 087839246490

 

Advertisements

14 Comments

Filed under JalanJalan, Jogja, Masak & Makan

14 responses to “#Kuliner : Rumah Makan Mangut Lele Bu Is

  1. Teguh Puja

    Sepertinya lezat menu kuliner yang ada. 😀

  2. sayang saya tak begitu suka sama lele,, mungkin saya incip timunnya aja mbak… 😀

  3. Magut itu artinya apa ya?

  4. Jogja memang salah 1 surga kuliner #GLEK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s